Selasa, 15 Oktober 2013

My DIY Halloween Costumes Project: Dorothy Gale from Wizard of Oz and Harry Potter :)

Howdy-do my friends!
Tulisan gue kali ini bakal berbeda dari biasanya. Mungkin bagi sebagian orang temanya nggak penting (memangnya tulisan gue pernah penting? Lol), tapi gue putuskan untuk membaginya karena ini bulan Oktober yang artinya identik dengan suasanan menyeramkan tapi seru yaitu... HALLOWEEN! :)
Nah, mengerti kan kenapa gue bilang kalau tulisan kali ini temanya nggak penting. Karena Halloween memang bukan budaya Indonesia dan nggak banyak orang yang exited dengan perayaan ini. Jangankan exited, seringnya malah nggak ngeh kalau sudah Halloween dan satu-satunya ciri adalah kalau televisi mulai memutar film-film horor, hehehe.

Kalau sudah baca tulisan tentang perayaan Halloween gue tahun lalu mungkin teman-teman akan mengerti kenapa gue menyukainya. Bukan karena suka yang seram-seram, ya, gue malah penakut (kecuali untuk Twilight Zone, karya-karya R. L Stine dan Stephen King. Lol, weird), tapi gue sangat menikmati pesta kostum dan treat (nggak pakai "trick"). Gue suka sekali berdandan seperti tokoh-tokoh di dunia dongeng. Meski di Irlandia, negara asalnya identik dengan kostum seram, di Indonesia Halloween lebih identik dengan kostum apa saja asalkan fun. Belum lagi di prechool tempat gue bekerja setiap Halloween pasti ada perayaan dan bebas mengajar. Jadi pantas saja kan kalau gue menyukainya ;)

Tahun ini gue memutuskan untuk jadi Dorothy Gale dari Wizard of Oz. Setelah tahun sebelumnya gue menjadi Carol Anne dari Poltergeist supaya identik dengan seram, tahun ini gue sedikit melanggar aturan preschool gue yang mengikuti Halloween ala Irlandia, hehehe. Dorothy adalah tokoh perempuan manis yang tanpa sengaja pergi jauh dari Kansas dan harus mencari penyihir dari Oz untuk menemukan jalan pulang. Meski ada unsur magic, Dorothy justru sama sekali nggak punya kekuatan magis, ia hanya kebetulan berada di situasi yang mengharuskannya melawan penyihir jahat. Gue belum dapat persetujuan buat pakai kostum ini di preschool, sih, tapi gue akan memakai kostum Dorothy ini untuk bersenang-senang dan merayakan di tempat lain saja bersama Ray :D

Meski tahun ini ada kemungkinan akan mempunyai dua kostum, bukan berarti gue akan membeli kostum baru. Justru gue ingin menguji sejauh mana kreatifitas gue, hihihi. Halloween ala gue itu tentang bersenang-senang, jadi jangan sampai malah menjadi beban dengan merasa harus mengeluarkan uang. Sama seperti tahun lalu, Ray juga akan memakai kostum yang gue pilihkan. Setelah menjadi John Frusciante, tahun ini ia akan menjadi Harry Potter, tokoh idola masa kecil gue yang kostumnya cukup mudah ditiru hanya dengan modal membongkar lemari baju :p

Berhubung sudah menonton film Wizard of Oz berkali-kali gue jadi hapal betul dengan kostum Dorothy. Yang gue lakukan selanjutnya tinggal mengingat-ingat item apa saja yang sangat iconic darinya, dan apa saja yang bisa gue temukan di rumah untuk menjadikan gue (cukup mirip) dengan Dorothy.
Nah, sekarang gue akan membagi tips bagaimana untuk menjadi Dorothy Gale di perayaan Halloween. Dan tentu, setelah itu akan gue jelaskan juga bagaimana cara menjadi Harry Potter. Keduanya adalah versi gue dan tentu saja dengan budged bersahabat ;)


Dorothy Gale dari Wizard of Oz.


1. Di sepanjang film Dorothy memakai dress overall bermotif kotak-kotak. Waktu film berubah menjadi berwarna (sebelumnya hitam-putih) penonton bisa melihat bahwa warna dress Dorothy adalah biru-putih. Gue mencari sisa kain di rumah dengan warna yang mirip, dan syukurlah menemukannya :D Berhubung hanya ada sedikit jadi gue membuatnya dengan bentuk "celemek". Meski berbeda dengan model aslinya, jika dilihat dari depan akan tetap terlihat mirip dengan dress Dorothy di film. 
Tapi jika nggak mempunyai kain yang sama persis, kalian bisa memakai dress bermotif kotak-kotak dengan warna apa saja, toh di awal film penonton nggak tahu apa warna dress yang sebenarnya, hehehe. Atau let's make it simple, dress berwarna biru polos pun sudah cukup mewakili karena ciri khas outfit Dorothy yaitu sederhana.

2. Untuk dalaman Dorothy memakai kaos berleher tinggi dengan lengan puff. Gue menggantinya dengan kemeja putih berleher tinggi bekas seragam paduan suara gue. Jika nggak punya gunakan kaos putih polos atau kemeja lengan pendek.

3. Di awal film sampai pertengahan, rambut Dorothy dikepang dua dan diikat dengan pita yang senada dengan dress nya. Berhubung rambut gue pendek, jadi gue mengikuti gaya rambut Dorothy di akhir film, yaitu diurai dengan pita besar di puncak kepala. Sebenarnya Dorothy menjalin rambut terdepannya dari kiri dan kanan lalu dijepit oleh pita. Tapi, sekali lagi, rambut gue masih terlalu pendek jadi gue menyelipkan pita ke bando polos dan memakainya secara tegak.
Jika rambut kalian lebih panjang dari gue lebih baik buat dua buah kepang sederhana, karena itu identik dengan Dorothy waktu bernyanyi "Somewhere Over the Rainbow" di awal film :)

4. Dorothy kabur bersama Toto, anjing teriernya dan sebuah keranjang piknik. Eris, anjing gue terlalu besar untuk berperan sebagai Toto, hehehe. Jadi gue menggantinya dengan boneka yang dipinjam dari preschool dan meminjam keranjang buah-buahan milik Ibu. Detail ini lebih baik jangan dilewatkan karena sangat iconic. Lihat saja gambar Dorothy berbagai versi di atas. Semuanya sedang membawa anjing dan keranjang kan ;)

5. Sepatu Ruby Dorothy sering menjadi icon untuk poster di pagelaran musikal Wizard of Oz. Mungkin karena inilah satu-satunya unsur magis yang dimiliki Dorothy (ia bisa pulang dengan cara mengetuk sepatunya). Ada cara untuk membuat sepatu ruby sendiri, yaitu dengan menempelkan gliter merah ke sepatu yang akan dipakai. Atau jika ingin mudah beli saja sepatu bergliter, hehehe. Tapi gue memutuskan untuk memakai sepatu merah milik Ibu. Meskipun tanpa gliter tapi modelnya cukup mirip dengan yang dipakai Dorothy. Lagipula yang terpenting adalah warnanya. Dengan kombinasi semuanya ditambah kaos kaki berwarna putih (atau biru) gue sudah bisa dikenali sebagai Dorothy :)





Video untuk detail kostum Dorothy Gale: 


Harry Potter.




1. Harry Potter identik dengan kacamata minusnya. Ini sangat mudah untuk Ray karena ia memang bermata minus, hehehe. Di novel disebutkan bahwa Harry memakai kacamata bulat, tapi gue biarkan Ray memakai kacamata sehari-harinya saja. Karena selain nggak memungkinkan untuk memakai kacatama bulat milik gue (minus kami berbeda), model apapun juga nggak masalah karena yang terpenting memberi kesan nerdy ;)

2. Seragam sekolah Harry terdiri dari kemeja putih, dasi belang-belang merah-kuning, celana hitam dan sepatu hitam. Gue meminta Ray menggali sebaik mungkin ke dalam lemarinya untuk menemukan item-item yang mendekati. Syukurlah ia menemukan semuanya kecuali warna dasinya yang berbeda, yaitu belang-belang biru. 

3.Harry sering memakai sweater abu-abu di atas kemejanya. Ray nggak punya sweater tapi ia punya ide sendiri dengan menambahkan cardigan abu-abu! Nice, Ray! :D

4. Jubah ala Harry menjadi sentuhan favorit gue. Karena tanpa itu kostumnya akan mirip seragam sekolah biasa dan tentu saja akan kurang aura mistisnya, hihihi. Gue meminjam toga bekas wisuda adik dan melepas bagian kerahnya. Jubah dipakai di atas seragam dan cerdigan tanpa diresletingkan. Biarkan menjuntai seperti gaya cueknya Harry. Jika kalian sayang untuk melepas kerah toga, pakai saja toga secara terbalik, resletingkan dari dalam sampai setengah, jangan tutupi seluruh kemejanya ;)

5. Sentuhan terakhir gue meminjamkan Ray magic wand ala Harry Potter koleksi gue. 
Jika nggak punya magic wand, kalian bisa membuatnya sendiri dengan cara menggulung koran berlapis-lapis lalu warnai dengan cat air. Atau cari saja ranting pohon yang bentuknya cukup lurus. 
Dengan perpaduan semuanya pasti terlihat cukup identik dengan Harry Potter. Tambahkan gambar halilintar di kening jika perlu. 




Gue puas sekali dengan dua buah kostum Halloween karya gue tahun ini. Dengan bangga gue menyebutkan bahwa budged yang dikeluarkan untuk keduanya adalah 0 rupiah ditambah sekian creativity (lol). Gue dan Ray sudah mengetes kedua kostum ini dengan memakainya ke tempat umum (tunggu post selanjutnya untuk cerita lengkapnya) dan ternyata orang-orang sudah bisa mengenali tokoh yang kostumnya kami pakai :D
Semoga tulisan gue (yang nggak penting ini, hehe) bisa memberi ide untuk teman-teman yang akan menghadiri pesta kostum Halloween. Atau untuk para cosplayer mungkin... siapa tahu sekali-kali bisa memanfaatkan apa yang ada di lemari dibanding membeli atau menyewa :)



Okay, selamat Halloween ala masing-masing, teman-teman. Sekarang waktunya gue menonton film sebelum tidur. Hmmm, yang nggak terlalu seram apa, ya? Hihihi, gue bahkan kadang takut kalau nonton ET! :D


treat or treat,

Indi


***
Facebook: here | Twitter: here | Contact person: 081322339469

26 komentar:

  1. akkk cute banget kak Indi, kalo aku cuma punya kainnya yang motif wizard and the oz itu doang :)))

    BalasHapus
  2. kak indi ini kreatifnya yaa nggak abis2 heheee :p

    BalasHapus
  3. cute deh Indy..btw aku juga suka kaos kakinya Indy :)

    BalasHapus
  4. cute deh Indy..btw aku juga suka kaos kakinya Indy :)

    BalasHapus
  5. omgg lucu bgt kostumnyaa! dan cocok bgt sm mukamu yg baby-face ;) how cuteee


    x
    sartob

    BalasHapus
  6. sukaaa, Kak Indi emang cocok pake dress semacam itu :D

    BalasHapus
  7. Wahh keren kostumnya....kreatif dehh

    BalasHapus
  8. @ LIDYA: makasih, mbak. seadanya, sih. tapi syukurlah kalau mirip, hehehe :)

    @ RINI: thanks :) tinggal tambahin kemeja aja bisa jadi kostum dorothy, dong ;)

    @ CITRA: hihi, amen.. makasih ya :)

    @ ENNY: terima kasih. kaos kakinya lebih panjang dari dorothy asli, ya :D

    @ SARA: awww, thank you :))

    @ TIARA: hihi, makasih :)

    @ MAMIE: makasih, mbak :D

    BalasHapus
  9. lucu banget kostum dorothy nya kak. cocok sama karakternyaaa ;) hahaha

    BalasHapus
  10. You look exactly like Dorothy (: such a cute outfit! x

    http://birdiethgirl.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Hihihi... Waktu aku di Amrik aku juga jadi Dorothy, soalnya gampang. Tinggal rambut dikepang dua, pake baju biru putih, sepatu merah. Nenteng keranjang isi boneka anjing. Jadi deh ^___^

    Visit me:
    LeeAnne, Style N Season
    http://stylenseason.blogspot.com

    BalasHapus
  12. @ DHEYA: makasih, hahaha :)

    @ BIRDIE: aww, thank you very much! :)

    @ LEEANN: cool :) iya, gampang kalau ada itemnya, yang susah kalau di lemari gak ada dan mau cari pinjeman juga gak ada yang punya, hahaha :p

    BalasHapus
  13. great!!!
    would you like to follow each other?
    just let me know
    xx
    Marlena

    BalasHapus
  14. cute!! :) i dressed up as harry potter one year hehe!

    BalasHapus
  15. aduh kakak ini lucu banget! i have no plan to be anybody in halloween thou, but you look so so cute! :D

    BalasHapus
  16. ih Mbak Indi bener2 unyu nan kreatif!!! Sukaaaa. Pengen ngrasain halloween juga ^^

    BalasHapus
  17. @ MARLENA and LARA: thanks. i'm gonna visit your blog ASAP :)

    @ LISA: thanks :) really? that's must be cute :))

    @ ELLYZABETH: hehehe, makasih :) jadi halloween ini rencananya ngapain? :)

    @ JIAH: makasih, ya :) yuk, bikin acara halloween sendiri aja :D

    BalasHapus
  18. kak indi, kostum dorothy nya lucu.
    >.< aaaa jadi pengen jait overal kayak punya kakak. Cantik kak. :D

    bang ray juga keren!

    BalasHapus
  19. AWW! What a beautiful Dorthy! Very you! I could see you wearing that jumper all of the time though! lol! I adore the little basket too, very good!

    BalasHapus
  20. Indiiii, sudah lama banget yulia enggak blogwalking krn koneksi internet. Kamu semakin cuteeeee dan kreatifnya semakin2 saja, by the way aku udah bilang belum ya kalau aku sukaaa banget Waktu Aku Sama Mika-nya kamu. Love you, Indi.

    BalasHapus
  21. kreatif banget, Indi....
    sukaaa deh....

    BalasHapus
  22. Super cute Dorothy!!! :D
    http://sepatuholig.blogspot.com/

    BalasHapus
  23. iih serunya pake kostum2 unyu2 yak. Jd pengen bikin2 kostum2 kek gt.. ^^

    BalasHapus
  24. Pretty Dorothy Gale!
    I mean, Pretty Indy Gale!

    hi hi hi hi

    Nice outfits kak indi!
    kostum nya kak ray juga keren banget! Mauuuu...

    *muka pengen*
    *harpot freak*

    Kak Ray udah bisa mantra Wingardium Leviosa belum??

    XD

    BalasHapus
  25. Now that's the cutest version of dorothy! :D

    That's Harry Potter when he's 30 years old.lol

    <3<3<3
    hugLUV

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya, it's really nice to hear from you :)